Biografi
Imam an Nawawi
Nasab (keturunan) Imam an-Nawawi
Beliau adalah al-Imam al-Hafizh, Syaikhul Islam, Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf bin Mury bin Hasan bin Husain bin Muhammad bin Jum’ah bin Hizam an-Nawawi ad-Dimasyqi asy-Syafi’i. Kata ‘an-Nawawi’ dinisbahkan kepada sebuah perkampungan yang bernama ‘Nawa’, salah satu perkampungan di Hauran, Syiria, tempat kelahiran beliau. Beliau dianggap sebagai syaikh di dalam madzhab Syafi’i dan ahli fiqh terkenal pada zamannya.
Beliau adalah al-Imam al-Hafizh, Syaikhul Islam, Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf bin Mury bin Hasan bin Husain bin Muhammad bin Jum’ah bin Hizam an-Nawawi ad-Dimasyqi asy-Syafi’i. Kata ‘an-Nawawi’ dinisbahkan kepada sebuah perkampungan yang bernama ‘Nawa’, salah satu perkampungan di Hauran, Syiria, tempat kelahiran beliau. Beliau dianggap sebagai syaikh di dalam madzhab Syafi’i dan ahli fiqh terkenal pada zamannya.
Kelahiran dan
Lingkungannya
Beliau dilahirkan
pada Bulan Muharram tahun 631 H di
perkampungan ‘Nawa’ dari dua orang tua yang shalih. Ketika berusia 10 tahun,
beliau sudah memulai hafal al-Qur’an dan membacakan kitab Fiqh pada sebahagian
ulama di sana. Proses pembelajaran ini di kalangan Ahli Hadits lebih dikenal
dengan sebutan ‘al-Qira`ah’.
Suatu ketika, secara
kebetulan seorang ulama bernama Syaikh
Yasin bin Yusuf al-Marakisyi melewati perkampungan tersebut dan menyaksikan
banyak anak-anak yang memaksa ‘an-Nawawi kecil’ untuk bermain, namun dia tidak
mahu bahkan lari dari kejaran mereka dan menangis sambil membaca al-Qur’an.
Syaikh ini kemudian menghantarkannya kepada ayahnya dan menasihati sang ayah
agar mengarahkan anaknya tersebut untuk menuntut ilmu. Sang ayah setuju dengan
nasihat ini.
Pada tahun 649 H,
an-Nawawi, dengan dihantar oleh sang ayah, tiba di Damaskus dalam rangka
melanjutkan studinya di Madrasah Dar al-Hadits. Dia tinggal di
al-Madrasah ar-Rawahiyyah yang menempel pada dinding masjid al-Umawy dari
sebelah timur. Pada tahun 651 H, dia menunaikan ibadah haji bersama ayahnya,
lalu pulang kembali ke Damaskus.
Pengalaman Intelektualnya
Pada tahun 665 H
saat baru berusia 34 tahun, beliau sudah menduduki posisi ‘Syaikh’ di Dar
al-Hadits dan mengajar di sana. Tugas ini tetap dijalaninya hingga beliau
wafat.
Dari sisi pengalaman
intelektualnya setelah bermukim di Damaskus terdapat tiga karakteristik yang
sangat menonjol:
Pertama, Kegigihan dan Keseriusan-nya di dalam Menuntut Ilmu Sejak Kecil hingga
meningkat Remaja.
Ilmu adalah
segala-galanya bagi an-Nawawi sehingga dia merasakan kenikmatan yang tiada tara
di dalamnya. Beliau amat serius ketika membaca dan menghafal. Beliau berhasil
menghafal kitab ‘Tanbih al-Ghafilin’ dalam waktu empat bulan setengah.
Sedangkan waktu yang
tersisa lainnya dapat beliau gunakan untuk menghafal seperempat permasalahan
ibadat dalam kitab ‘al-Muhadz-dzab’ karya asy-Syairazi. Dalam tempoh yang
relatif singkat itu pula, beliau telah berhasil membuat decak kagum sekaligus
meraih kecintaan gurunya, Abu Ibrahim Ishaq bin Ahmad al-Maghriby, sehingga
menjadikannya sebagai wakilnya di dalam halaqah pengajian yang dia pimpin
bilamana berhalangan.
Kedua, Keluasan Ilmu dan Wawasannya
Mengenai bagaimana
beliau memanfa’atkan waktu, seorang muridnya, ‘Ala`uddin bin al-‘Aththar
bercerita, “Pertama beliau dapat membacakan 12 pelajaran setiap harinya kepada
para Syaikhnya beserta syarah dan tash-hihnya; kedua, pelajaran terhadap kitab
‘al-Wasith’, ketiga terhadap kitab ‘al-Muhadzdzab’, keempat terhadap kitab
‘al-Jam’u bayna ash-Shahihain’, kelima terhadap kitab ‘Shahih Muslim’, keenam terhadap
kitab ‘al-Luma’ ‘ karya Ibnu Jinny di dalam ilmu Nahwu, ketujuh terhadap kitab
‘Ishlah al-Manthiq’ karya Ibnu as-Sukait di dalam ilmu Linguistik (Bahasa),
kelapan di dalam ilmu Sharaf, kesembilan di dalam ilmu Ushul Fiqh, kesepuluh
terkadang terhadap kitab ‘al-Luma’ ‘ karya Abu Ishaq dan terkadang terhadap
kitab ‘al-Muntakhab’ karya al-Fakhrur Razy, kesebelas di dalam ‘Asma’
ar-Rijal’, keduabelas di dalam Ushuluddin. Beliau selalu menulis syarah yang
sulit dari setiap pelajaran tersebut dan menjelaskan kalimatnya serta
meluruskan ejaannya”.
Ketiga, Produktif di dalam Menelurkan Karya Tulis
Beliau telah
berminat terhadap dunia tulis-menulis dan menekuninya pada tahun 660 H saat
baru berusia 30-an.
Dalam karya-karya
beliau tersebut akan didapati kemudahan di dalam mencernanya, keunggulan di
dalam argumentasinya, kejelasan di dalam kerangka berfikirnya serta
keobjektifan-nya di dalam memaparkan pendapat-pendapat Fuqaha‘.
Buah karyanya
tersebut hingga saat ini selalu menjadi bahan perhatian dan diskusi setiap
Muslim serta selalu digunakan sebagai rujukan di hampir seluruh belantara Dunia
Islam.
Di antara
karya-karya tulisnya tersebut adalah ‘Syarh Shahih Muslim’, ‘al-Majmu’ Syarh
al-Muhadzdzab’, ‘Riyadh ash-Shalihin’, ‘ al-Adzkar’, ‘Tahdzib al-Asma’ wa al-Lughat’
‘al-Arba’in an-Nawawiyyah’, ‘Rawdhah ath-Thalibin’ dan ‘al-Minhaj fi al-Fiqh’.
Budi Pekerti dan Sifatnya
Para pengarang
buku-buku ‘biografi’ (Kutub at-Tarajim) sepakat, bahawa Imam an-Nawawi
merupakan hujung tombak di dalam sikap hidup ‘zuhud’, teladan di dalam sifat
wara’ serta tokoh tanpa tanding di dalam ‘menasihati para penguasa dan beramar
ma’ruf nahi munkar’.
- Zuhud
Beliau hidup bersahaja dan mengekang diri sekuat tenaga dari kongkongan hawa nafsu. Beliau mengurangi makan, sederhana di dalam berpakaian dan bahkan tidak sempat untuk menikah. Kenikmatan di dalam menuntut ilmu seakan membuat dirinya lupa dengan semua kenikmatan itu. Beliau seakan sudah mendapatkan gantinya.
Di antara
indikatornya adalah ketika beliau pindah dari lingkungannya yang terbiasa
dengan pola hidup ‘seadanya’ menuju kota Damaskus yang ‘serba ada’ dan penuh
glamour. Perpindahan dari dua dunia yang amat kontras tersebut sama sekali
tidak menjadikan dirinya tergoda dengan semua itu, bahkan sebaliknya semakin
menghindarinya.
- Wara’
Bila membaca riwayat hidupnya, maka akan banyak sekali dijumpai sifat seperti ini dari diri beliau. Sebagai contoh, misalnya, beliau mengambil sikap tidak mahu memakan buah-buahan Damaskus kerana merasa ada syubhat tentang kepemilikan tanah dan kebun-kebunnya di sana.
Contoh lainnya,
ketika mengajar di Dar al-Hadits, beliau sebenarnya menerima gaji yang cukup
besar, tetapi tidak sedikit pun diambilnya. Beliau justeru mengumpulkannya dan
menitipkannya pada kepala Madrasah. Setiap mendapatkan jatah tahunannya, beliau
membeli sebidang tanah, kemudian mewakafkannya kepada Dar al-Hadits. Atau
membeli beberapa buah buku kemudian mewakafkannya ke perpustakaan Madrasah.
Beliau tidak pernah mahu menerima hadiah atau pemberian, kecuali bila memang
sangat memerlukannya sekali dan ini pun dengan syarat. Iaitu, orang yang
membawanya haruslah diri yang sudah beliau percayai diennya.
Beliau juga tidak
mahu menerima sesuatu, kecuali dari kedua orang-tuanya atau kerabatnya. Ibunya selalu
mengirimkan baju atau pakaian kepadanya. Demikian pula, ayahnya selalu
mengirimkan makanan untuknya.
Ketika berada di
al-Madrasah ar-Rawahiyyah, Damaskus, beliau hanya mahu tidur di kamar yang
disediakan untuknya saja di sana dan tidak mahu diistimewakan atau diberikan
fasiliti yang lebih dari itu.
- Menasihati Penguasa dalam Rangka Amar Ma’ruf Nahi Munkar
Pada masanya, banyak
orang datang mengadu kepadanya dan meminta fatwa. Beliau pun dengan senang hati
menyambut mereka dan berupaya seoptimal mungkin mencarikan solusi bagi
permasalahan mereka, sebagaimana yang pernah terjadi dalam kes penyegelan
terhadap kebun-kebun di Syam.
Kisahnya, suatu
ketika seorang sultan dan raja, bernama azh-Zhahir Bybres datang ke Damaskus.
Beliau datang dari Mesir setelah memerangi tentara Tartar dan berhasil mengusir
mereka. Saat itu, seorang wakil Baitul Mal mengadu kepadanya bahawa kebanyakan
kebun-kebun di Syam masih milik negara. Pengaduan ini membuat sang raja
langsung memerintahkan agar kebun-kebun tersebut dipagari dan disegel. Hanya
orang yang mengakui kepemilikannya di situ saja yang diperkenankan untuk
menuntut haknya asalkan menunjukkan bukti, iaitu berupa sijil kepemilikan.
Akhirnya, para
penduduk banyak yang mengadu kepada Imam an-Nawawi di Dar al-Hadits. Beliau pun
menanggapinya dengan langsung menulis surat kepada sang raja. Sang Sultan gusar
dengan keberaniannya ini yang dianggap sebagai sebuah kelancangan. Oleh kerana
itu, dengan serta merta dia memerintahkan bawahannya agar memotong gaji ulama
ini dan memberhentikannya dari kedudukannya. Para bawahannya tidak dapat
menyembunyikan kehairanan mereka dengan menyeletuk, “Sesungguhnya, ulama ini
tidak memiliki gaji dan tidak pula kedudukan, paduka !!”.
Menyedari bahawa
hanya dengan surat saja tidak mampan, maka Imam an-Nawawi langsung pergi
sendiri menemui sang Sultan dan menasihatinya dengan ucapan yang keras dan
pedas. Rupanya, sang Sultan ingin bertindak kasar terhadap diri beliau, namun
Allah telah memalingkan hatinya dari hal itu, sehingga selamatlah Syaikh yang
ikhlas ini. Akhirnya, sang Sultan membatalkan masalah penyegelan terhadap
kebun-kebun tersebut, sehingga orang-orang terlepas dari bencananya dan merasa
tenteram kembali.
Wafatnya
Pada tahun 676 H,
Imam an-Nawawi kembali ke kampung halamannya, Nawa, setelah mengembalikan
buku-buku yang dipinjamnya dari badan urusan Waqaf di Damaskus. Di sana beliau
sempat berziarah ke kuburan para syaikhnya. Beliau tidak lupa mendo’akan mereka
atas jasa-jasa mereka sambil menangis. Setelah menziarahi kuburan ayahnya,
beliau mengunjungi Baitul Maqdis dan kota al-Khalil, lalu pulang lagi ke
‘Nawa’. Sepulangnya dari sanalah beliau jatuh sakit dan tak berapa lama dari
itu, beliau dipanggil menghadap al-Khaliq pada tanggal 24 Rajab pada tahun itu. Di antara ulama yang ikut menyalatkannya
adalah al-Qadhy, ‘Izzuddin Muhammad bin ash-Sha`igh dan beberapa orang
shahabatnya. Semoga Allah merahmati beliau dengan rahmat-Nya yang luas dan
menerima seluruh amal shalihnya. Amin.
(Diambil dari pengantar kitab Nuzhah al-Muttaqin Syarh Riyadh
ash-Shalihin karya DR. Musthafa Sa’id al-Khin, et.ali, Jld. I, tentang biografi
Imam an-Nawawiy)
No comments:
Post a Comment