F. Teori-Teori yang Melandasi
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Metode Sorogan dan Team Teaching
Teori-teori yang melandasi model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan metode sorogan dan team teaching adalah :
1.
Teori Piaget dan Vygotsky
Teori perkembangan Piaget dan
Vygotsky mewakili konstruktivisme, yang memandang adanya hakikat sosial dari
sebuah proses belajar dan juga tentang penggunaan kelompok-kelompok belajar
dengan kemampuan anggotanya yang beragam, sehingga terjadi perubahan konseptual.
Teori ini menekankan pentingnya interaksi dengan teman sebaya, melalui
pembentukan kelompok belajar[1].
Dengan kelompok belajar memberikan kesempatan kepada siswa secara aktif dan
kesempatan untuk mengungkapkan sesuatu yang dipikirkan siswa kepada teman akan
membantunya untuk melihat sesuatu dengan lebih jelas bahkan melihat
ketidaksesuaian pandangan mereka sendiri.
2.
Teori Garnerd
Pokok-pokok pikiran yang dikemukakan Garnerd adalah :
a.
Manusia mempunyai kemampuan
meningkatkan dan memperkuat kecerdasannya.
b.
Kecerdasan selain dapat berubah
dapat pula diajarkan kepada orang lain.
c.
Kecerdasan merupakan realitas
majemuk yang muncul di bagian-bagian yang berbeda pada sistem otak atau pikiran
manusia.
Pada tingkat tertentu, kecerdasan ini merupakan
suatu kesatuan yang utuh. Artinya dalam memecahkan masalah atau tugas tertentu, seluruh macam kecerdasan manusia
bekerja bersama-sama, kompak dan terpadu.BERSAMBUNG
[1]
Rusman, Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru(Jakarta:
Rajawali Pers, 2011), h.202
No comments:
Post a Comment