DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL ............................................................................................. i
HALAMAN
PERSETUJUAN ............................................................................ ii
PENGESAHAN TIM PENGUJI SKRIPSI .................................................. iii
MOTTO ............................................................................................................. iv
PERSEMBAHAN
................................................................................................. v
ABSTRAK ........................................................................................................... vi
KATA
PENGANTAR ....................................................................................... vii
DAFTAR
ISI ........................................................................................................ ix
DAFTAR
TABEL .............................................................................................. xii
DAFTAR
GAMBAR ........................................................................................ xiii
DAFTAR
BAGAN ............................................................................................ xiv
DAFTAR LAMPIRAN ...................................................................................... xv
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar belakang ............................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah ......................................................................... 3
C.
Tujuan
Penelitian ........................................................................... 4
D.
Manfaat Penelitian ........................................................................ 4
E.
Definisi
Operasional ...................................................................... 5
F.
Batasan Penelitian
......................................................................... 7
BAB II KAJIAN TEORI
A. Pengertian Model Pembelajaran .................................................... 8
B. Model
Pembelajaran Kooperatif
................................................... 9
C. Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw ............................. 13
D. Metode Sorogan
.......................................................................... 16
E. Metode Team Teaching .............................................................. 20
F.
Teori-Teori
yang Melandasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Metode Sorogan dan Team Teaching ......................................... 22
G. Penerapan Pembeajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Metode Sorogan dan Team Teaching ...................................................................................... 23
H. Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
dengan Metode Sorogan dan Team Teaching ...................................................................................... 27
I.
Kriteria Kelayakan Perangkat Pembelajaran ............................... 28
J.
Model Pengembangan Perangkat pembelajaran .......................... 47
K. Materi Bilangan ........................................................................... 51
BAB III METODE PENELITIAN
A.
Jenis Penelitian
............................................................................ 59
B.
Subyek Penelitian ........................................................................ 59
C.
Prosedur Penelitian ..................................................................... 59
D.
Rancangan Penelitian
.................................................................. 63
E.
Instrumen Pengumpulan Data ..................................................... 64
F.
Teknik Pengumpulan Data .......................................................... 67
G.
Teknik Analisis Data ................................................................... 68
BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISIS DATA
A.
Deskripsi Waktu Pengembangan Perangkat Pembelajaran ......... 77
B.
Deskripsi Hasil Tahap Pendefinisian (Define) ............................. 79
C.
Deskripsi Hasil Tahap Perancangan (Design) ............................. 87
D.
Deskripsi Hasil Tahap Pengembangan (Develop) ....................... 89
1.
Penilaian
Para Ahli ............................................................... 89
2.
Simulasi ................................................................................ 96
3.
Uji
Coba Terbatas ................................................................ 97
a.
Hasil
dan Analisis Aktivitas Siswa ................................ 97
b.
Hasil
dan Analisis Respon Siswa ................................... 99
c.
Hasil
dan Analisis Keterlaksanaan Sintaks Pembelajaran 101
d.
Hasil
dan Analisis Hasil Belajar Siswa ..................... ... 102
BAB V PEMBAHASAN
A.
Kevalidan
Perangkat Pembelajaran ........................................... 104
B.
Kepraktisan
Perangkat Pembelajaran ........................................ 105
C.
Keefektifan
Perangkat Pembelajaran ........................................ 106
BAB VI PENUTUP
A.
Simpulan ................................................................................... 110
B.
Saran ......................................................................................... 111
DAFTAR
PUSTAKA ................................................................................... ... 113
LAMPIRAN
DAFTAR
TABEL
Halaman
Tabel
3.1 :... Kriteria Pengkategorian Kevalidan Perangkat
Pembelajaran ........ 70
Tabel
4.1 :... Rincian
Waktu dan Kegiatan Pengembangan Model Pembelajarana 77
Tabel
4.2 :... Daftar
Nama Validator.................................................................. 89
Tabel 4.3 :... Hasil Validasi Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran ....................... 90
Tabel 4.4 :... Hasil Validasi Buku Siswa ............................................................ 91
Tabel 4.5 :... Hasil Validasi Lembar Kerja Siswa ............................................... 92
Tabel 4.6 :... Hasil Penilaian Kepraktisan Perangkat
Pembelajaran ................... 93
Tabel 4.7 :... Revisi Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) ........................ 94
Tabel 4.8 :... Revisi Buku Siswa ........................................................................ 95
Tabel 4.9 :... Revisi Lembar Kerja Siswa ........................................................... 96
Tabel 4.10 :... Analisis Aktivitas Siswa ................................................................ 98
Tabel 4.11 :... Analisi Respon Siswa .................................................................... 99
Tabel 4.12 :... Hasil Pengamatan Keterlaksanaan
Sintaks Pembelajaran ........... 101
Tabel 4.13 :... Hasil Penilaian keterlaksanaan
Pembelajaran .............................. 102
Tabel 4.14 :... Data Hasil Belajar Siswa ............................................................. 102
DAFTAR
GAMBAR
Halaman
Gambar 2.1: Ilustrasi Kelompok Jigsaw ............................................................... 15
DAFTAR
BAGAN
Bagan
4.1
: ...... Analisis Konsep Sifat-Sifat Penjumlahan dan Perkalian
Bilangan Bulat serta Bilangan Pecahan ........................................................................ 82
DAFTAR
LAMPIRAN
1.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
3.
Buku Siswa
4.
Lembar Validasi RPP, Buku Siswa, dan LKS
5.
Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa
6.
Lembar Angket Respon Siswa
7.
Lembar Pengamatan Keterlaksanaan Sintaks Pembelajaran
8.
Kisi-kisi Soal dan Kunci Jawaban
9.
Tes Hasil Belajar
10. Hasil Validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
11. Hasil Validasi
Buku Siswa
12. Hasil Validasi
Lembar Kerja Siswa (LKS)
13. Hasil Pengamatan
Aktivitas Siswa
14. Hasil Pengamatan
Keterlaksanaan Sintaks Pembelajaran
15. Data Hasil
Belajar Siswa
DAFTAR PUSTAKA
Agustinus P, Ike. 2008. Efektivitas
Pembelajaran Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Induktif dengan Pendekatan
Beach Ball pada Materi Jajargenjang di SMPN 1 Bojonegoro. Skripsi. Surabaya: Unesa.
Chaplin, J.P. 2005. Kamus Lengkap
Psikologi. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Dalyana. 2004. Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Matematika Ralistik pada Pokok Bahasan Perbandingan di Kelas II SLTP. Tesis. Surabaya: Unesa.
Departemen Agama RI. 2003. Pondok Pesantren
Dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Departemen Agama RI.
Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:
Rineka Cipta.
Emildadiany, Novi. 2008. Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Teknik Jigsaw. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/31/cooperative-learning-teknik-jigsaw/. (26 Juni 2013).
Ermawati. 2007. Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Belah Ketupat dengan pendekatan Kontekstual dan memperhatikan tahap Berpikir Geometri model van hieele. Skripsi. Surabaya: Unesa.
Massofa. 2013. Pelaksanaan KBM dengan Team Teaching.http://massofa.wordpress.com/2013/05/22/pelaksanaan-kbm-dengan-team-teaching/. (27 Juni
2013)
Ibrahim, Muslimin dkk. 2000. Pembelajaran
Kooperatif. Surabaya:
University Press.
Isjoni. 2007. Cooperatif Learning; Efektifitas
Pembelajaran Kelompok. Bandung:
Alfabeta.
Isjoni. 2011. Pembelajaran
Kooperatif(meningkatkan kecerdasan komunikasi antar peserta didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
|
Martiningsih.
2007. Team Teaching. http://martiningsih.blogspot.com/2007/12/team-teaching.html. (27 Juni 2013).
Masidjo, Ign. 1995. Penilaian
Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisisus.
Zaenuri, Akhmad. 2010. Metode Sorogan. http://sazmgl.blogspot.com/2010/12/metode-sorogan.html. (27 Juni 2013).
Mulyasa. 2007. Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nuharini, Dewi & Wahyuni, Tri. 2008. Matematika
Konsep Dan Aplikasinya 1. Jakarta: Pusat
Perbukuan Departemen pendidikan nasional.
Qomar, Mujamil. 2005. Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju
Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran : Mengembangkan
Profesionalisme Guru. Jakarta:
Rajawali Pers.
Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar
Mengajar Micro Teaching. Jakarta: Quantum
Teaching.
Sardiman, A.M. 2006. Interaksi dan
Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Shoffa, Shoffan. 2008. Pengembangan
Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PMR pada Pokok Bahasan
Jajar Genjang dan Belah Ketupat. Skripsi. Surabaya: Unesa. Tidak dipublikasikan.
Sidik, Ilham. 2007. ORIENTASI KURIKULUM PESANTREN(Studi Kasus
Kurikulum Pesantren Hidayatullah Malang). Skripsi.
Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Siradj, Sa’id Aqiel. 1999.
Pesantren
Masa Depan. Bandung: Pustaka Hidayah.
Soewalni, S. 2007. Team Teaching. Makalah Program Pelatihan
Applied Approach 2007 di Lembaga Pengembangan Pendidikan UNAS.
Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil
Proses Belajar Mengajar.Bandung: Ramaja Rosdakarya.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran
Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif
Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta:
Prestasi Pustaka Publisher.
Wahid, Abdurrahman. 2001. Menggerakkan Tradisi. Yogyakarta: LkiS.
Walgito, Bimo. 1986. Bimbingan dan
Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta:
Universitas Gadjah Mada.
bersambung
No comments:
Post a Comment