Friday, 14 February 2014

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN METODE SOROGAN DAN TEAM TEACHING PADA MATERI BILANGAN DI KELAS VII B MTs NURUL JADID SIDAYU GRESIK daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar bagan, daftar lampiran, daftar pustaka



DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ............................................................................................. i
HALAMAN PERSETUJUAN ............................................................................ ii
PENGESAHAN TIM PENGUJI SKRIPSI  ..................................................     iii
MOTTO    ............................................................................................................. iv
PERSEMBAHAN ................................................................................................. v
ABSTRAK ........................................................................................................... vi
KATA PENGANTAR ....................................................................................... vii
DAFTAR ISI ........................................................................................................ ix
DAFTAR TABEL .............................................................................................. xii
DAFTAR GAMBAR ........................................................................................ xiii
DAFTAR BAGAN ............................................................................................ xiv
DAFTAR LAMPIRAN ...................................................................................... xv
BAB I        PENDAHULUAN
A.      Latar belakang ............................................................................... 1
B.       Rumusan Masalah ......................................................................... 3
C.       Tujuan Penelitian ........................................................................... 4
D.      Manfaat Penelitian ........................................................................ 4
E.       Definisi Operasional ...................................................................... 5
F.        Batasan Penelitian ......................................................................... 7
BAB II       KAJIAN TEORI
A.      Pengertian Model Pembelajaran .................................................... 8
B.       Model Pembelajaran Kooperatif ................................................... 9
C.       Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw ............................. 13
D.      Metode Sorogan .......................................................................... 16
E.       Metode Team Teaching .............................................................. 20
F.        Teori-Teori yang Melandasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Metode Sorogan dan Team Teaching ......................................... 22
G.      Penerapan Pembeajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Metode Sorogan dan Team Teaching ...................................................................................... 23
H.      Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Metode Sorogan dan Team Teaching ...................................................................................... 27
I.         Kriteria Kelayakan Perangkat Pembelajaran ............................... 28
J.         Model Pengembangan Perangkat pembelajaran .......................... 47
K.      Materi Bilangan ........................................................................... 51
BAB III     METODE PENELITIAN
A.      Jenis Penelitian ............................................................................ 59
B.       Subyek Penelitian ........................................................................ 59
C.       Prosedur Penelitian ..................................................................... 59
D.      Rancangan Penelitian .................................................................. 63
E.       Instrumen Pengumpulan Data ..................................................... 64
F.        Teknik Pengumpulan Data .......................................................... 67
G.      Teknik Analisis Data ................................................................... 68
BAB IV     DESKRIPSI DAN ANALISIS DATA
A.      Deskripsi Waktu Pengembangan Perangkat Pembelajaran ......... 77
B.       Deskripsi Hasil Tahap Pendefinisian (Define) ............................. 79
C.       Deskripsi Hasil Tahap Perancangan (Design) ............................. 87
D.      Deskripsi Hasil Tahap Pengembangan (Develop) ....................... 89
1.        Penilaian Para Ahli ............................................................... 89
2.        Simulasi ................................................................................ 96
3.        Uji Coba Terbatas ................................................................ 97
a.       Hasil dan Analisis Aktivitas Siswa ................................ 97
b.      Hasil dan Analisis Respon Siswa ................................... 99
c.       Hasil dan Analisis Keterlaksanaan Sintaks Pembelajaran                101
d.      Hasil dan Analisis Hasil Belajar Siswa ..................... ... 102
BAB V       PEMBAHASAN
A.      Kevalidan Perangkat Pembelajaran ........................................... 104
B.       Kepraktisan Perangkat Pembelajaran ........................................ 105
C.       Keefektifan Perangkat Pembelajaran ........................................ 106
BAB VI     PENUTUP
A.      Simpulan ................................................................................... 110
B.       Saran ......................................................................................... 111
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................... ... 113
LAMPIRAN







DAFTAR TABEL


                        Halaman
Tabel 3.1    :... Kriteria Pengkategorian Kevalidan Perangkat Pembelajaran ........ 70
Tabel 4.1    :... Rincian Waktu dan Kegiatan Pengembangan Model Pembelajarana             77
Tabel 4.2    :... Daftar Nama Validator.................................................................. 89
Tabel 4.3    :... Hasil Validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ....................... 90
Tabel 4.4    :... Hasil Validasi Buku Siswa ............................................................ 91
Tabel 4.5    :... Hasil Validasi Lembar Kerja Siswa ............................................... 92
Tabel 4.6    :... Hasil Penilaian Kepraktisan Perangkat Pembelajaran ................... 93
Tabel 4.7    :... Revisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ........................ 94
Tabel 4.8    :... Revisi Buku Siswa ........................................................................ 95
Tabel 4.9    :... Revisi Lembar Kerja Siswa ........................................................... 96
Tabel 4.10  :... Analisis Aktivitas Siswa ................................................................ 98
Tabel 4.11  :... Analisi Respon Siswa .................................................................... 99
Tabel 4.12  :... Hasil Pengamatan Keterlaksanaan Sintaks Pembelajaran ........... 101
Tabel 4.13  :... Hasil Penilaian keterlaksanaan Pembelajaran .............................. 102
Tabel 4.14  :... Data Hasil Belajar Siswa ............................................................. 102
DAFTAR GAMBAR

Halaman
Gambar 2.1: Ilustrasi Kelompok Jigsaw ............................................................... 15



DAFTAR BAGAN

Bagan 4.1 : ...... Analisis Konsep Sifat-Sifat Penjumlahan dan Perkalian Bilangan Bulat serta Bilangan Pecahan ........................................................................ 82


















DAFTAR LAMPIRAN

1.         Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2.         Lembar Kerja Siswa (LKS)
3.         Buku Siswa
4.         Lembar Validasi RPP, Buku Siswa, dan LKS
5.         Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa
6.         Lembar Angket Respon Siswa
7.         Lembar Pengamatan Keterlaksanaan Sintaks Pembelajaran
8.         Kisi-kisi Soal dan Kunci Jawaban
9.         Tes Hasil Belajar
10.     Hasil Validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
11.     Hasil Validasi Buku Siswa
12.     Hasil Validasi Lembar Kerja Siswa (LKS)
13.     Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa
14.     Hasil Pengamatan Keterlaksanaan Sintaks Pembelajaran
15.     Data Hasil Belajar Siswa
  






DAFTAR PUSTAKA

Agustinus P, Ike. 2008. Efektivitas Pembelajaran Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Induktif dengan Pendekatan Beach Ball pada Materi Jajargenjang di SMPN 1 Bojonegoro. Skripsi. Surabaya: Unesa.
Chaplin, J.P. 2005. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dalyana. 2004. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Ralistik pada Pokok Bahasan Perbandingan di Kelas II SLTP. Tesis. Surabaya: Unesa.
Departemen Agama RI. 2003. Pondok Pesantren Dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Departemen Agama RI.
Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.
Emildadiany, Novi. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Teknik Jigsaw.  http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/31/cooperative-learning-teknik-jigsaw/. (26 Juni 2013).
Ermawati. 2007. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Belah Ketupat dengan pendekatan Kontekstual dan memperhatikan tahap Berpikir Geometri model van hieele. Skripsi. Surabaya: Unesa.
Massofa. 2013. Pelaksanaan KBM dengan Team Teaching.http://massofa.wordpress.com/2013/05/22/pelaksanaan-kbm-dengan-team-teaching/. (27 Juni 2013)
http://www.KamusBahasaIndonesia.org. (03 Oktober 2013).
Ibrahim, Muslimin dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Isjoni. 2007. Cooperatif Learning; Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif(meningkatkan kecerdasan komunikasi antar peserta didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
113
 
Khabibah, Siti. 2006. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi. Surabaya: Unesa.
Martiningsih. 2007. Team Teaching. http://martiningsih.blogspot.com/2007/12/team-teaching.html. (27 Juni 2013).
Masidjo, Ign. 1995. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisisus.
Zaenuri, Akhmad. 2010. Metode Sorogan. http://sazmgl.blogspot.com/2010/12/metode-sorogan.html. (27 Juni 2013).
Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nuharini, Dewi & Wahyuni, Tri. 2008. Matematika Konsep Dan Aplikasinya 1. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen pendidikan nasional.
Qomar, Mujamil. 2005. Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.
Sardiman, A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shoffa, Shoffan. 2008. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PMR pada Pokok Bahasan Jajar Genjang dan Belah Ketupat. Skripsi. Surabaya: Unesa. Tidak dipublikasikan.
Sidik, Ilham. 2007. ORIENTASI KURIKULUM PESANTREN(Studi Kasus Kurikulum Pesantren Hidayatullah Malang). Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Siradj, Sa’id Aqiel. 1999. Pesantren Masa Depan. Bandung: Pustaka Hidayah.
Soewalni, S. 2007. Team Teaching. Makalah Program Pelatihan Applied Approach 2007 di Lembaga Pengembangan Pendidikan UNAS.
Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Ramaja Rosdakarya.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Wahid, Abdurrahman. 2001. Menggerakkan Tradisi. Yogyakarta: LkiS.
Walgito, Bimo. 1986. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.


bersambung

No comments:

Post a Comment