BAB II
KAJIAN TEORI
A.
Pengertian Model
Pembelajaran
Model pembelajaran adalah
kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematik dan
mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan
berfungsi sebagai pedoman para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam
merencanakan dan melakukan aktivitas pembelajaran. Joyce
mengatakan bahwa model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola
yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau
pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat
pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film, komputer, kurikulum, dan
lain-lain.[1]
Dalam suatu model pembelajaran bukan hanya terfokus
pada apa yang harus dilakukan guru, akan tetapi menyangkut tahapan-tahapan,
sistem sosial yang diharapkan, prinsip-prinsip reaksi guru dan siswa dalam
kegiatan belajar mengajar. Karena itu pemilihan model pembelajaran sangatlah
penting guna tercapainya iklim pembelajaran aktif yang bermakna guna mencapai
tujuan dalam pembelajaran tersebut.
[1]
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif(Jakarta:
Kencana Prenada Media Group,2011), h.22
bersambung
No comments:
Post a Comment