Friday 19 February 2016

Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan metode sorogan dan team teaching pada materi bilangan di kelas VII B MTs Nurul Jadid Sidayu Gresik bab 2 J. Model Pengembangan Perangkat pembelajaran

J.       Model Pengembangan Perangkat pembelajaran
Model pengembangan perangkat pembelajaran pada penelitian ini adalah jenis pengembangan model 4-D (four D model), yang terdiri dari 4 tahap. Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun hasil pengembangan perangkat pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan metode sorogan dan team teaching pada penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja, hal ini dikarenakan peneliti hanya melakukan satu kali uji coba atau satu kali penelitian.
Adapun tahap-tahap pengembangan perangkat pembelajaran tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :
  1. Tahap pendefinisian (Define)
Tujuan dari tahap ini adalah menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran. Tahap ini terdiri atas lima langkah pokok, yaitu:
a.       Analisis awal akhir
Didalam penelitian ini peneliti melakukan telaah terhadap masalah dalam pembelajaran matematika yang ada di sekolah dan melakukan kajian kurikulum beserta teori-teori tentang pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan metode sorogan dan team taeching.
b.      Analisis siswa
Analisis siswa sangat penting dilakukan pada awal perencanaan. Analisis ini dilakukan pada siswa dalam kelas dengan memperhatikan tingkat kemampuan dan pengalaman siswa, baik secara kelompok maupun individu. Hasil telaah dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk pelaksanaan penelitian.
c.       Analisis konsep
Analisis konsep  dilakukan dengan mengidentifikasi konsep-konsep utama yang akan diajarkan, menyusun secara sistematis dan merinci konsep-konsep yang relevan yang akan di ajarkan berdasarkan analisis ujung depan. Analisis ini merupakan dasar dalam penyusunan tujuan pembelajaran.
d.      Analisi tugas
Analisis tugas ditujukan untuk merumuskan tugas-tugas yang akan dilakukan siswa selama kegiatan pembelajaran pada pokok bahasan bilangan.
e.       Spesifikasi tujuan pembelajaran
Spesifikasi tujuan pembelajaran ditujukan untuk mengkonversi tujuan dari analisis tugas dan analisis konsep menjadi tujuan pembelajaran khusus yang dinyatakan dengan tingkah laku. Perincian tujuan pembelajaran khusus tersebut merupakan dasar dalam penyusunan tes hasil belajar dan rancangan perangkat pembelajaran.
  1. Tahap perancangan (Design)
Tujuan tahap ini adalah untuk menyiapkan draf perangkat pembelajaran. Tahap ini terdiri dari empat langkah, antara lain :
a.         Penyusunan tes acuan patokan, merupakan langkah awal yang menghubungkan antara tahap define dan tahap design. Tes disusun berdasarkan hasil perumusan tujuan pembelajaran khusus.
b.         Pemilihan media yang sesuai tujuan, untuk, menyampaikan materi pelajaran. Proses pemilihan media disesuaikan dengan hasil analisis tugas, analisis konsep serta fasilitas yang tersedia di sekolah.
c.         Pemilihan format, di dalam pemilihan format ini misalnya dapat dilakukan dengan mengkaji format-format perangkat yang sudah ada. Dalam penyusunan RPP, format yang di gunakan disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan sekolah.
d.        Perancangan awal, yakni keseluruhan rancangan kegiatan yang harus dilakukan sebelum uji coba dilaksanakan. Adapun rancangan awal perangkat pembelajaran yang akan melibatkan aktivitas siswa dan guru yaitu RPP, LKS, buku siswa, dan instrumen penelitian yang berupa lembar validasi perangkat, lembar observasi aktivitas siswa, angket siswa, keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan tes hasil belajar.

  1. Tahap Pengembangan (Develop)
Tujuan tahap ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang sudah di revisi berdasarkan masukan dari para pakar. Tahap ini meliputi:
a.         Validasi perangkat oleh para ahli diikuti dengan revisi.
Rancangan perangkat pembelajaran yang telah disusun pada tahap design akan dilakukan penilaian/validasi oleh para ahli (validator). Para validator tersebut adalah mereka yang berkompeten dan mengerti tentang penyusunan perangkat pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dengan metode sorogan dan team teaching serta mampu memberi masukan/saran untuk menyempurnakan perangkat pembelajaran yang telah disusun.
b.         Simulasi
Kegiatan simulasi digunakan untuk menjalankan RPP. Kegiatan ini ditujukan untuk mengecek keterlaksanaan perangkat, kecocokan waktu dan yang lainnya.
c.         Ujicoba terbatas

Perangkat pembelajaran yang telah dihasilkan selanjutnya diujicobakan di kelompok yang menjadi subyek penelitian. Tujuannya untuk mendapatkan masukkan langsung dari guru, siswa dan para pengamat terhadap perangkat pembelajaran yang telah disusun dan melihat kecocokan waktu yang telah direncanakan dalam RPP dengan pelaksanaan selama uji coba. Hasil uji coba ini akan digunakan untuk merevisi perangkat pembelajaran yang sebelumnya.

bersambung